Hidup Sehat Dalam Pandangan Islam

Hidup Sehat Dalam Pandangan Islam, Di dalam ajaran agama islam manusia di ajarkan bagaimana caranya hidup sehat baik secara lahir maupun bhatin, dan itu semua telah di atur dalam Al Qur’an dan Hadist yang mana jika di jalani dengan baik dan benar akan membawa manusia tersebut menuju kehidupan yang lebih baik, berkah,bermanfaat dan yang pasti menjadikan manusia utu sendiri sehat secara lahiriah dan bhatiniah.



Cara Hidup Sehat Menurut Islam Ala Rasulullah SAW yang bisa kita ikuti dan kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1. Makanlah jika perutmu lapar dan berhentilah makan sebelum perutmu kenyang.
2. Jagalah kebersihan sebelum anda makan ( cuci tangan )
3. Jangan makan sambil berdiri dan berlari ( wajib duduk jikalau anda sedang makan )
4. Makanlah makanan yang halal
5. Gunakan tangan kanan apabila anda hendak makan
6. Makan makanan yang banyak gizi dan nutrisi
7. Baca doa sebelum makan
8. Puasa dan tidur secara teratur dan jikalau bisa bangun pada waktu sepertiga malam yaitu sekitar pukul 3 pagi
9. Rajin berolahraga
10. Lakukan bekam (sedot darah kotor) setidaknya 1 kali dalam setahun


Hidup Sehat Dalam Pandangan Islam


Dalam AL-QURAN DAN HADIS islam menyebutkan bagaimana cara hidup sehat dalam pandangan islam, Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman (QS. Al-A’raf: 31)
“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Dalam hadist:

“Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengki sulusi onsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR. Tirmizi dan Ibnu Majah)

Kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari,maka dari itu dalam islam menerapakan konsep kesehatan yang berbunyi " mencegah lebih baik daripada mengobati " yang intinya adalah jagalah kesehatanmu di kala engkau masih sehat, karna menjaga kebugaran tubuh di kala masih sehat adalah hal terbaik daripada berobat ketika sakit.

Dalam islam sangat menganjurkan umatnya untuk menerapkan Pola hidup sehat dalam kehidapan sehari-hari,agar umat islam senantiasa sehat dan terhindar dari sakit, namun yang namanya manusia sudah pasti tidak luput dari sakit, namun sebagai manusia yang beriman dan punya akal sudah pasti mencari sulusi agar sekiranya dalam hidup tidak mudah terserang penyakit baik lahir maupun bhatin dengan cara menerapakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.



Artikel Terkait :

Post a Comment

0 Comments