Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik Padat Dan Cair

Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik Padat Dan Cair, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat pupuk organik cair dan pupuk organik padat, beberapa orang bertanya kepada saya apa yang di maksud pupuk organik cair ?,bagaimana cara membuat pupuk organik cair ?, dan langkah apa yang harus dilakukan dalam membuat pupuk organik cair ?, buat anada yang masih belum mengerti akan semua pertanyaan di atas,Disini saya akan menjelaskannya kepada kalian satu demi satu.

Yang di maksud dengan pupuk organik cair adalah pupuk yang bentuknya cair yang terbuat dari bahan-bahan alami yang terhindar dari bahan kimia,cara pembuatannya juga cukup sederhana namun harus melalui proses fermentasi, proses fermentansi adalah proses dimana kita mengambil inti sari dari suatu bahan yang akan di fermentasikan agar bisa di gunakan terhadap tanaman,agar proses fermentasi berjalan dengan sempurna kalian harus mempersiapkan langkah-langkah yang tepat dalam proses fermentasi tersebut, jika proses fermentasi tidak sempurna maka pupuk organik cair itu tidak bisa digunakan untuk tanaman, tanda jika fermentasi itu berhasil di tandai seperti bau tape.

Proses fermentasi sendiri terdiri dari 2 jenis,yaitu fermentasi aerob (tertutup) dan anaerob(terbuka),fermentasi aerob biasa di gunakan dalam pembuatan organik cair,sedangkan anaerob di gunakan dalam pembuatan pupuk organik padat,langkah yang yang kalian siapkan dalam membuat Poc atau pupuk organik cair adalah:
  1. Bahan untuk pembuatan Poc, bahan yang biasa saya gunakan adalah sisa sayuran,nasi,buah-buahan dll,apa saja terserah anda,asalkan tidak terkontaminasi dengan bahan kimia aktif.
  2. Alat yang digunakan untuk proses fermentasi,untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  3. mikro organisme pengurai (EM4) pertanian
  4. Toples plastik besar
  5. selang air tranparan 1 meter
  6. Botol aqua bekas
  7. Gula merah
  8. Air kelapa

Langkah yang harus kalian lakukan adalah:
  • Blender semua bahan yang telah di siapkan, kemudian taruh di dalam toples plastik, didihkan gula merah dengan air secukupnya, kemudian setelah dingin campurkan dengan bahan yang ada di toples plastik,setelah itu beri 4 tutup pengurai EM4 dan air kelapa,kemudian aduk sampai rata.
  • Lubangi tutup toples besar, agar selang air tranparan bisa masuk, begitu pula botol aquanya.
  • Isi botol aqua bekas dengan air, yang sekiranya selang tranparan bisa masuk kedalam, lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik Padat Dan Cair


  • Proses fermentasi berlangsung selama 21 hari, fermentasi berhasil di tandai dengan bau yang wangi seperti tape, jika tidak berbau seperti tape berarti ada kesalahan dalam proses fermentasinya.
Untuk langkah-langkah membuat Pupuk organik padat / kompos sedikit berbeda dengan cara pembuatan pupuk organik cair,yang berbeda bahan dan cara buatnya, langkah yang harus kalian lakukan adalah :
  1. Siapkan bahannya yaitu kotoran hewan dan sekam atau bisa juga daun-daun yang kering.
  2. Air sumur dan EM4
  3. Gula merah ( didihkan gula merah seperti cara membuat Poc.
  4. Campur jadi satu bahan yang telah di sediakan sampai rata,kemudian sirami dengan Em4 secukupnya,setelah semua bahan rata tercampur dengan Em4,masukkan semua bahan tersebut kedalam tong,kemudian tutup rapat tong tersebut.
  5. Buka tong setelah 3 hari,kemudian aduk-aduk bahan yang di jadikan pupuk organik padat,lakukan itu setipa 3 hari sekali,selama proses fermentasi.
  6. proses fermentasi padat berlangsung selama 4 samapai 8 minggu.
  7. Ciri fermentasi berhasil, bahan tidak berbau,warna gelap,teksturnya gembur, jika semua ciri di atas sudah anda temui dalam proses pembuatan organik padat,berarti kalian sukses dalam membuat pupuk organik padat

Pupuk cair dan padat bisa di aplikasikan terhadap tanaman, bisa di jadikan pupuk dasar dan pupuk tambahan,ataupun pupuk utama, itulah sedikit info tentang Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik Padat Dan Cair.

      " Buanglah sampah pada tempatnya, sebelum anda di buang bersama tempatnya,😆😍😄"

Post a Comment

0 Comments